Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

RDKK, syarat penebusan pupuk bersubsidi

Berita Terbaru 04 April 2019 14:05:20 WIB Indrayanto dibaca 87 kali

DISTAPANG - Bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Karanggayam diselenggarakan Pertemuan Penyusunan RDKK Pupuk Bersubsidi, Kamis(4/4/2019).


Sesuai dengan Permentan No 67/PERMENTAN/SM.050/12/2016 Tentang Pembinaan Kelembagaan Tani disebutkan bahwa Rencana Definitif Kelompok Tani  (RDK) dan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) wajib disusun oleh kelompok tani.
Koordinator PPL BPP Kecamatan Karanggayam Minto Raharjo, S.PKP dalam sambutannya menyampaikan bahwa RDKK pupuk bersubsidi wajib dibuat oleh kelompok tani setiap tahunnya.


Sementara itu, Narasumber dari Jabatan Fungsional PP Kab. Kebumen Sarwaji, S.PKP menyampaikan bahwa RDK dibuat setiap tahun yang berisi rincian tentang sumberdaya dan potensi wilayah, sasaran provitas, pengorganisasian dan pembagian kerja serta kesepakatan bersama dalam pengelolaan usaha tani. Sedangkan RDKK yaitu rencana kebutuhan sarana produksi pertanian dan alsintan untuk satu musim yang disusun berdasarkan musyawarah anggota kelompok tani.
RDKK disusun paling lambat bulan Februari satu tahun sebelum waktu penggunaan pupuk. Misalnya, kebutuhan pupuk di tahun 2020 RDKK disusun paling lambat bulan Februari 2019.


Resti Wulandari,STP Penyuluh Pertanian Kec. Karanggayam menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia melalui kartu tani yang merupakan alat penebusan pupuk bersubsidi yang penerbitan kartunya oleh Bank Rakyat Indonesia. Penggunaan Kartu Tani diharapkan dapat membantu petani dalam penyediaan pupuk dengan prinsip 6 tepat (jumlah,jenis,mutu,waktu,tempat,dan harga).


Peserta kegiatan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari pengecer pupuk,pengurus/anggota gapoktan dan poktan se Kecamatan Karanggayam.
 

Dilaporkan Oleh : Sugeng Haryadi,S.Pt. (PPL Kec. Karanggayam)